CEWEK AGRESIF DAN COWOK PEMALU

Social Style 3Tulisan ini sebenarnya tulisan lama yang saya tulis tahun 2009. Tetapi beberapa waktu yang lalu, saya dan mahasiswa saya kembali membahasnya, sehingga topik ini saya tayang kembali di blog ini. Kami membahas mengenai social styles, yaitu berkaitan dengan personality manusia saat berinteraksi dengan orang lain.

Menurut kerangka social styles, ada empat tipe personality, yaitu driver (cenderung aktif dan orientasi pekerjaan), analytical (cenderung pasif dan orientasi pekerjaan), amiable (cenderung pasif dan orientasi pada manusia), serta expressive (cenderung aktif dan orientasi pada manusia). Oh ya, pasif di sini maksudnya, dia cenderung bertanya kepada orang lain, dan susah untuk membuat keputusan sendiri untuk hal-hal penting (introvert). Silakan lihat info lengkap tentang social styles di sini.

Untuk mempertajam pemahaman, maka saya minta para mahasiswa untuk menjawab beberapa pertanyaan untuk asesmen singkat, guna melihat social style mereka.

Setelah selesai, saya mendapatkan hasil yang menarik. Ternyata cukup banyak di kelas itu cowok yang memiliki amiable personality (cenderung pasif, orientasi manusia, dan tentu saja relatif pendiam), dan sebaliknya, cukup banyak juga cewek yang bertipe driver (cenderung aktif, orientasi pekerjaan, dan tentu saja agresif).

Menarik! Jika dielaborasi lebih lanjut, berarti cukup banyak cewek yang memiliki karakter leader (driver), sementara cukup banyak juga cowok yang memiliki karakter follower (amiable).

Style Recognition Guide

Nah, diskusi yang seru pun tidak terelakkan terjadi di dalam kelas. Hasil di atas ternyata membalikkan beberapa stereotype yang berkembang (entah darimana asalnya) mengenai personality cowok dan cewek. Bisa saja secara tradisional dalam masyarakat kita terdapat stereotype mengenai cowok dan cewek. Tetapi kalau mau melihat, fakta sejarah negara ini pun sudah menunjukkan tokoh-tokoh perempuan dengan karakter driver, antara lain Cut Nyak Dien, yang memimpin para pria dalam peperangan yang paling lama baru dapat ditumpas penjajah Belanda.

Di sisi lain, kita juga banyak mendapati tipikal cowok yang amiable dalam kehidupan sehari-hari kita. Mereka adalah para cowok, yang kalau bergaul lebih banyak diam, pasif, kalau ada yang diekpresikan mereka cenderung menggunakan media lain seperti musik, puisi, tulisan, etc. Ini mirip sewaktu saya menghadiri kopi darat para blogger, di mana beberapa blogger pria yang tulisannya “sangar-sangar”, ternyata pendiam dan pemalu di dunia nyata … hahahaha …

Anyway, di dalam diri kita masing-masing memang terdapat ke-4 personality di atas, tetapi kita memiliki satu kecenderungan yang dominan, dan yang lainnya minor. Itulah sebabnya, seorang komandan tentara di lapangan yang sangat driver (dilatih untuk menyerang dan menghancurkan) juga sekali-sekali menyendiri sambil memetik senar gitarnya (personality yang amiable sedang muncul, walaupun tidak dominan, tetapi sekali-sekali tampak).

Apa jadinya jika seorang pria amiable menikah dengan wanita driver? …. Kayaknya sudah ketahuan siapa yang bakal dominan mengatur dan mengendalikan rumah tangga .. hehehehe …

Kalau masih pacaran gimana? … ya sama saja, bakal ketahuan siapa yang menentukan berbagai hal, nonton di mana, jalan-jalan ke mana, janjian di mana dan jam berapa, …sementara yang satunya nurut aja … hahahaha …

Ada yang punya pengalaman mengenai hal ini?

Salam
Riri Satria

10 responses

  1. bagaimana dengan orang multi personality. semisal dia bisa jadi pendiam pada saat tertentu dan bisa menjadi aktif pada saat tertentu tergantung apa yg ada d sekitar & mudah sekali adatasi dengan cepat bahkan berbeda sifat d saat2 tertentu & orang itu tidak mengalam kepribadian ganda dengan sadar melakukannya. aq menemui orang macem itu dengan kata lain orang itu tidak mempunyai sifat tetap atau sifatnya berubah2 sesuai lingkungan sekitar aq bilang dia itu “Formless personality” & kehidupanya mudah bergaul dan mudah dilupakan.

    1. bisa jadi ada orang yang seperti itu lho … selalu saja ada pengecualian untuk hal-hal tertentu … apalagi perilaku manusia .. tidak semua teori sanggup menjelaskannya …

  2. sepertinya saya juga demikian bu, suami saya pendiam sekali. apalagi ketika masih belum menikah. waah.. pemalu sekali orangnya. sekarang sih sudah mendingan. sekarang sudah lebih terbuka, tapi tetap saja.. jika di depan orang lain (apalagi banyak orang) cuma senyum yang lebar andalannya untuk menanggapi orang lain. hehehe..
    tapi rasanya saya cukup nyaman dengannya. dia mampu mendengar celotehan saya yang kadang tidak penting. keluhan dan pendapat2 saya, semuanya ia dengarkan sampai ketiduran. hehehe..
    meski dia selalu meminta pertimbangan saya ketika mengambil keputusan (dan jarang menolak keputusan saya memang), tapi ketika ia meminta saya mengikuti keputusannya.. saya seperti tidak dapat menolaknya.
    jadi, saya fikir.. tidak selalu dia yang mengikuti saya. tapi kadang saya juga mengikuti dia untuk hal2 tertentu.

    bu, saya mau tanya juga ya.. bagaimana sih caranya mengetahui bahwa dia benar2 tertarik/jatuh cinta dengan saya..? sementara dia adalah orang yang pemalu dalam mengekspresikan perasaannya.

    1. hehehe saya Pak Riri, bukan Bu Riri lho .. yang penting kita paham karakter dia, dan mengekspresikan sesuatu kan tidak melulu harus lewat ucapan, bisa juga dengan cara lain, misalnya dengan tindakan langsung … ya kan?

  3. baru ngerti Pak sekarang, ini lah yang disebut menganalisa dan menyimpulkan tapi pakai dasar ilmiah, gak pakai rasa-rasanya.😛.

    *Mulai berharap berubah

    1. hehehehe mantaaapp Sonya😀

  4. jujur aja, judulnya pas banget sama aku..
    pacarku tuh kyaknya nurut aja kalo disuruh apa-apa, dibawa kemana-mana juga nurut.
    tapi sebenernya aku juga bukan tipe “driver”, sama mantan aku justru aku yang selalu nurut..
    jadi binggung, personality aku sebenernya apa sih??

    1. yang pasti, setiap kita punya 4 personality di atas, tetapi mana yang dominan, itu yang perlu diketahui .. coba aja tes sendiri melalui link yang aku tayang di tulisan di atas🙂

  5. kalau saya masuk yang mana ya….?

    1. silakan coba test sendiri Teh Teti melalui link yang saya buat di posting di atas🙂

Tinggalkan Balasan

