PANTAI KUTA – BALI

Untuk kesekian kalinya, saya kembali menikmati sore di Pantai Kuta – Bali sore tadi (04/12/10). Setelah selesai mengajar tentang strategic view of information technology di MitraIS mewakili program Magister Teknologi Informasi – Univ. Indonesia, sorenya saya menuju ke Pantai Kuta. Seperti biasa, saya suka memotret suasana matahari tenggelam di berbagai tempat, maka kali ini pun saya tidak akan melewatkan momen itu.

Kali ini saya memilih untuk bersantai di Mal Centro dekat Discovery Hotel, dan ternyata suasananya sudah berubah dibandingkan dengan terakhir saya ke sini. Pantainya sudah ditata sedemikan rupa, sehingga ada tempat untuk jalan kaki, ada square tempat ngumpul (yang malam ini dipakai untuk nonton layar tancap), dan banyak tempat santai sambil menikmati berbagai hidangan makanan.

Apa yang menarik saat suasana matahari tenggelam? Entahlah, ini memang bukan rational thinking sehingga memang tidak bisa dibuat suatu alasan yang logis … hehehe .. melainkan emotional thinking yang berkaitan dengan rasa indah, rasa kagum dan takjub akan indahnya karya Tuhan.

Warna langit memerah di sore hari memberikan nuansa estetika tersendiri. Sesungguhnya Tuhan memang menciptakan dunia ini dengan penuh keindahan, dan kita menikmatinya dengan baik, tetapi ternyata kita jugalah yang menjadikan kehidupan ini penuh dengan kekisruhan dan bahkan kerusakan.

Suasana lain adalah harmoni kehidupan di Kuta ini. Praktis tidak ada kerusuhan apa-apa di sini, padahal di sini bercampur banyak etnis di Indonesia dan juga berbagai etnis dari luar Indonesia. Kehidupan dengan nuansa tradisional Bali bercampur dengan suasana internasional, tanpa menciptakan konflik apa-apa. Anda bisa bebas mengekspresikan diri anda, selama tidak merugikan orang lain dan merusak alam.

Bukankah kehidupan itu adalah sebuah harmoni?

Salam
Riri Satria

2 responses

  1. […] Saya pernah memotret matahari tenggelam di Bukit Lampu di Kota Padang (dekat Pantai Bungus), lalu Pantai Kuta di Bali, serta beberapa tempat lainnya, maka kali ini suasana sejenis di pantai Jakarta yang menjadi obyek […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s