OBAMA : SI KOMUNIKATOR ULUNG

Akhirnya Presiden AS ini, Barrack Obama, jadi juga berkunjung ke Indonesia. Beberapa pihak menyebutkan bukan berkunjung, melainkan bertandang sejenak, mengingat waktu kunjungan Obama yang begitu singkat kurang dari 24 jam. Bahkan Obama mengatakan dalam pembukaan pidato di balairung Universitas Indonesia tanggal 10 November 2010 lalu sebagai “pulang kampung”.

Saya mengamati melalui pemberitaan televisi berbagai kegiatan Obama selama di Indonesia, mulai dari sejak dia turun pesawat Air Force One di Bandara Halim Perdanakusuma, diterima secara resmi kenegaraan di Istana Negara oleh Presiden SBY, jamuan makan malam, kunjungan ke Mesjid Istiqlal, sampai dengan pidato atau kuliah umum di balairung Universitas Indonesia. Kesimpulan saya : Obama memang seorang komunikator yang ulung, sanggup mengambil hati lawan bicara, tampil simpatik, menghilangkan suasana kaku yang formal walaupun dalam acara resmi kenegaraan, kalau berpidato sangat karismatik dengan menjaga intonasi dan bahasa tubuhnya. Jujur saya katakan, saya sangat terkesan dengan gaya Obama kalau berbicara, terutama kalau berpidato.

But still, Obama is the President of USA, yang sudah barang tentu memiliki kewajiban untuk memperjuangkan semua kepentingan Amerika. Kunjungan Obama ke Indonesia juga tidak akan terlepas dari agenda itu. Pernyataan Obama bahwa “pertumbuhan kaum kelas menengah (middle class) di Indonesia adalah suatu pasar untuk produk-produk Amerika” adalah suatu sinyalemen bahwa Obama memang sedang memperjuangkan kepentingan Amerika, walaupun diikuti dengan pernyataan simpatik bahwa “Amerika pun akan menjadi pasar untuk barang-barang Indonesia”.

Presiden Obama memang datang dengan gaya yang simpatik dan bahkan dengan gaya pidatonya yang sanggup mengambil hati orang Indonesia, kita boleh memberikan apresiasi terhadap gaya bersahabat beliau. Tetapi di sisi lain, kita tidak bisa kehilangan sisi kritis bahwa Amerika pun harus merealisasikan sikap bersahabat itu secara konkrit untuk kehidupan di dunia ini.

So, thank you for coming Mr. President, thank you for your great hospitality, but still you to walk the talk …

(Foto : VivaNews)

2 responses

    1. Terima kasih Asep untuk link tulisannya … hehehe … sepakat ya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s