PAHLAWAN

Hari ini tanggal 10 November 2010 diperingati sebagai hari pahlawan di Indonesia. Dengan demikian, sangat tepat jika kita merenungi makna kepahlawanan itu sejenak. Bagaimanakah kita memaknai kepahlawanan?

Menurut hemat saya, kepahlawanan atau bahkan pahlawan itu sejatinya melekat kepada sikap atau tindakan dalam merespon suatu kejadian. Jadi kepahlawanan itu melekat kepada sikap. Sikap kepahlawanan itu adalah suatu keikhlasan untuk memberi sesuatu (dan tingkat tertinggi adalah rela mempertaruhkan nyawanya) untuk memberikan manfaat (yang tertinggi adalah menyelamatkan nyawa) kepada orang lain.

Mereka yang melakukan tindakan-tindakan seperti di atas sudah pasti bukanlah manusia yang sempurna. Bukankah Tuhan menciptakan manusia itu tidak ada yang sempurna? Setiap manusia diciptakan Tuhan memiliki kelemahan, dan mungkin juga sisi negatifnya. Tetapi setiap manusia, bisa saja memiliki sikap kepahlawanan. Dengan demikian, jika kita berharap pahlawan itu adalah manusia yang sempurna tanpa cacat, maka tentu kita akan kecewa dengan sendirinya.

Sekali lagi, menurut saya, kepahlawanan itu melekat kepada sikap seseorang, dan tidak harus orang itu menjadi seseorang yang sempurna atau suci lahir dan batin. Pahlawan juga manusia biasa, tetapi kelebihan mereka adalah, mereka ikhlas memberikan sesuatu untuk kehidupan ini …

Pada hari pahlawan tahun ini, sungguh jiwa kepahlawanan ditunjukkan oleh para relawan yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyelamatkan para korban bencana alam di tanah air, baik di Wasior, Mentawai, Merapi, dan berbagai tempat lainnya. Beberapa dari mereka sudah meninggal dalam tugas dan menghadap Sang Pencipta. Untuk mereka, kita mengheningkan cipta, mengenang, dan meneladani kepahlawanan mereka … doa kita untuk mereka semua, amin.

Salam
Riri Satria

(NB : foto dari Media Indonesia)

One response

  1. […] Saya pernah menulis tentang bagaimana saya memaknai kata-kata “kepahlawanan” dalam konteks saat ini. Tulisan itu saya tulis persis dua tahun yang lalu, yaitu tanggal 10 November 2010. Silakan lihat di sini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s