RESTRUKTURISASI

Hari ini (5 Nov 2010), dari pagi sampai sore, saya memberikan workshop mengenai Restrukturisasi Organisasi pada Executive Development Program SOHO Group bertempat di kantor pusat mereka di Kawasan Industri Pulo Gadung. Perusahaan ini merupakan sebuah grup perusahaan papan atas di Indonesia untuk manufaktur dan distribusi farmasi atau obat-obatan.

Program ini memberikan pendidikan manajemen tingkat lanjutan kepada para eksekutif SOHO Group pada tingkat menengah untuk mempersiapkan diri mewujudkan visi SOHO untuk mampu bersaings ecara global. Berbagai topik manajemen dibahas pada program ini, dan saya kebagian topik mengenai perubahan struktur organisasi atau restrukturisasi organisasi.

Pada kesempatan ini, saya memberikan materi mengenai restrukturisasi organisasi langkah demi langkah. Pada dasarnya terdapat 5 (lima) langkah dalam melakukan restrukturisasi, yaitu (1) menganalisis apakah memang kita harus melakukan restrukturisasi, (2) jika iya, maka perlu menyusun sebuah kriteria desain struktur yang diinginkan, (3) membangun beberapa alternatif struktur baru yang sesuai dengan kriteria desain, (4) memilih alternatif struktur terbaik, serta (5) melakukan kalibrasi berupa perbaikan job description, job grading, sistem dan prosedur, dan sebagainya. Melengkapi materi yang saya sampaikan, saya juga berbagi pengalaman sebagai konsultan untuk memandu restrukturisasi pada organisasi lain.

Kelima langkah tersebut dilakukan melalui diskusi yang mendalam atau focus group discussion dengan melibatkan pemangku kepentingan utama organisasi, dan jika diperlukan melibatkan para pakar atau ahli, baik di bidang organisasi maupun hukum. Mengapa demikian? Karena sebuah desain organisasi baru setidaknya harus memenuhi 3 (tiga) persyaratan, yaitu (1) theoritically accepted atau mengikuti kaidah-kaidah organisasi yang baik yang pernah diteliti orang secara empirik, (2) regulation accepted atau tidak melanggar aturan hukum apa pun, serta (3) politically accepted atau diterima oleh pemangku kepentingan utama di dalam organisasi supaya tidak menimbulkan konflik. Itulah sebabnya proses restrukturisasi bisa membutuhkan waktu yang agak lama, karena banyak sekali yang harus dipertimbangkan.

Well, berikut adalah beberapa slide utama materi yang saya sampaikan, silakan dinikmati🙂

2 responses

  1. Mohon izin menyimak pak…..terima kasih

    1. silakan .. semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s