PESTA BLOGGER, BLOGGING, AND ME

Sekedar foto narsis dari tahun ke tahun sejak Pesta Blogger pertama kali diadakan (kecuali tahun 2008, saya tidak hadir karena ada pekerjaan ke luar kota), serta sedikit cerita mengapa saya nge-blog.

Foto paling kiri adalah saat Pesta Blogger 2007 bertempat di Blitzmegaplex Grand Indonesia, sedangkan yang ditengah adalah saat Pesta Blogger 2009 bertempat di SMESCO Building, dan terakhir paling kanan adalah Pesta Blogger 2010 bertempat di Epicentrum Walk.

Saya mulai nge-blog sejak tahun 2005. Ceritanya, beberapa waktu sebelumnya saya tertarik melihat beberapa blog yang menurut saya bagus dan inspiratif saat itu. Nah, sejak itu muncul keinginan untuk blogging.

Setelah agak lama nge-blog, akhirnya saya menyimpulkan berbagai alasan bagus untuk nge-blog. Jadi, inilah sekumpulan alasan mengapa saya nge-blog yang merupakan akumulasi dari pengalaman pribadi saya sendiri :

Pertama, nge-blog merupakan fasilitas untuk berbagi melalui internet. Pada dasarnya manusia itu senang berbagi sesamanya. Dengan nge-blog kita setidaknya bisa berbagi banyak hal-hal yang bermanfaat, terutama pemikiran, ide, wacana, bahkan sampai kepada ilmu yang bermanfaat. Dalam ajaran agama Islam yang saya yakini, ilmu yang bermanfaat mendapatkan kedudukan yang tinggi dalam berbuat kebajikan.

Kedua, ini alasan yang lebih saintifik, nge-blog memungkinkan seseorang untuk mengubah tacit knowledge yang ada di dalam pikirannya, menjadi explicit knowledge, yang bisa dipelajari oleh orang lain. Dalam kerangka knowledge management, proses pengubahan tacit knowledge menjadi explicit knowledge ini sangat penting, karena dengan itulah pengetahuan akan berkembang, dan berbagai ide, wacana, atau pemikiran baru akan dibahas, diperbincangkan, bahkan diuji oleh khalayak ramai, sehingga menambah khazanah ilmu pengetahuan. Semakin banyak orang nge-blog, semakin banyak tacit knowledge yang berubah menjadi explicit knowledge, dan akhirnya akan terbentuk suatu learning society. Seiring dengan hal ini, saya sependapat bahwa blog memang bisa menjadi media pembelajaran alternatif seperti yang ditulis di sini, dan juga bisa sebagai salah satu sumber pengetahuan.

Ketiga, dengan nge-blog kita bisa mengekspresikan pemikiran kita dengan mudah, mendapatkan pembahasan dari orang lain, sehingga kita bisa men-challenge pemikiran kita sendiri untuk lebih baik. Bahkan kita juga bisa mendapatkan saran positif dari orang lain apabila kita dalam persoalan dan menuliskannya. Ini termasuk ke dalam ranah self development. Jadi, nge-blog juga bisa sebagai ajang self-development.

Keempat, saya mendapatkan banyak sahabat baru lewat nge-blog. Bahkan jika saya berkunjung ke suatu kota, saya bisa mendapatkan teman di sana lewat aktivitas nge-blog, walaupun belum pernah ketemu secara langsung. Nge-blog menambah jumlah teman dan meningkatkan pertemanan itu sendiri. Contohnya, waktu saya ke Surabaya, saya ketemu seorang sahabat yang kenalnya lewat blog dan diajak jalan-jalan keliling menikmati malam di Surabaya, padahal belum pernah ketemu sebelumnya. Blog itu membuka semua sekat komunikasi, dan hanya menyisakan satu sekat, yaitu akses ke internet.

So, begitu banyak manfaat nge-blogkeep on blogging !

3 responses

  1. […] Oh ya, mengapa saya ngeblog? Inilah alasannya […]

  2. Manfaat blog memang jauh lebih terasa (minimal menurut saya) dibandingkan media2 sosial elektronik lainnya, walaupun saya tidak mengatakan media2 sosial elektronik lainnya tidak bermanfaat. Yang jelas di blog, kita bisa menulis bebas bahkan bisa dengan bantuan multimedia. Yang berkomentarpun bisa bebas berkomen tanpa harus mendaftar dulu serta tulisan-tulisan/arsip-arsip kita terdahulu bisa lebih terorganisir dengan baik. Yah, mudah2an orang Indonesia lebih banyak lagi yang menjadi blogger serius (tidak usah profesional) dan tidak hanya sekedar ikut2an saja…

    1. saya sependapat dengan Kang Yari .. tetapi saya kira setiap jenis media sosial memiliki kegunaan atau peruntukan masing-masing .. kalau dalam teori social capital, bisa jadi memang media sosial tertentu membentuk social capital yang tertentu pula … terima kasih atas komentarnya Kang🙂

Tinggalkan Balasan

