VIRTUAL ORGANIZATION : MOZILLA.ORG

Tadi siang (Sabtu, 30 Oktober 2010) saya mengikuti presentasi dari Mozilla.org (yang membuat web browser Firefox) saat breakout session pada Pesta Blogger 2010, yang dibawakan oleh Gen Kanai. Presentasi yang menarik menurut saya, karena menggambarkan bagaimana visi Mozilla terhadap web di masa depan. Mozilla sedang menyiapkan browser generasi baru yang sanggup meng-handle multimedia dengan baik. Prototipenya bisa dicoba, yaitu Firefox versi 4 yang sekarang masih tahap beta.

Menurut Gen, Firefox menguasai 63% pangsa pasar penggunaan web browser di Indonesia (saya termasuk pengguna Firefox di komputer MacBook Pro saya). Menurut saya, ini angka yang luar biasa, mengingat pengguna Windows masih dominan di Indonesia, dan Internet Explorer buatan Microsoft yang nempel ke Windows seharusnya yang dominan dipakai. Tetapi ternyata tidak, rupanya Firefox yang dominan. Jangan-jangan pengguna Mac seperti saya pun tidak banyak yang menggunakan browser Safari buatan Apple yang nempel ke Mac OS.

Ada satu lagi yang menarik buat saya, yaitu organisasi Mozilla itu sendiri. Rupanya Mozilla adalah organisasi non-profit, yang memanfaatkan voluntir di seluruh dunia. Kalau kita baca visi Mozilla di website mereka, sangat jelas tertulis “we believe than the internet should be public, open, and accessible“. Jadi prinsipnya, kerjaan di Mozilla ini adalah proyek ramai-ramai alias gotong-royong untuk mendapatkan manfaat bersama di dunia web. Walaupun demikian, ada juga karyawan ini di Mozilla yang berjumlah sekitar 300 orang.

Menurut saya, inilah contoh virtual organization atau virtual enterprise yang sering dibahas di berbagai buku teks tentang teori organisasi, terutama teori organisasi di zaman internet ini. Organisasi menjadi sangat fleksibel, dan membangun jejaring dengan banyak pihak, dan seakan-akan membentuk suatu organisasi besar. Padahal sesungguhnya, organisasi inti sangat kecil, tetapi jejaring yang dibangunlah yang membuat organisasi ini menjadi besar.

Menurut saya, inilah model organisasi yang bakal banyak berkembang di masa-masa berikutnya …

Salam
Riri Satria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s