PESTA BLOGGER 2010

Tadi pagi sampai sore (Sabtu, 30 Oktober 2010) berlangsung Pesta Blogger 2010, dan ini adalah acara Pesta Blogger yang keempat sepanjang sejarah per-blog-an di Indonesia, berlokasi di Epicentrum Walk Kawasan Kuningan Jakarta. Saya selalu mengikuti acara ini, kecuali pada tahun 2008 di mana saat itu saya sedang ada penugasan ke luar Jakarta.

Menarik untuk menyimak sponsor utama acara ini, yaitu Acer, serta sponsor besar yang sama dengan tahun lalu, yaitu Kedutaan Besar Amerika Serikat. Sempat ada diskusi yang mempertanyakan mengapa acara Pesta Blogger tahun ini diadakan di kawasan yang menjadi wilayah bisnis Grup Bakrie, apakah Grup Bakrie menjadi sponsor acara ini? Isu ini sudah dibantah oleh Enda Nasution (lihat di sini).

Pesta Blogger tahun ini memang jauh lebih semarak, jumlah blogger yang ikut pun sangat banyak (sekitar 1.300 orang), lebih beragam (karena mengikutsertakan banyak komunitas blogger), topik yang dibahas dalam diskusi breakout sessions pun lebih bervariasi dan lebih mencerahkan, dan melalui beberapa gerai di sana terlihat berbagai aktivitas sosial dan bisnis para blogger dan komunitasnya (sebuah kemajuan yang sangat positif tentunya). Ini menunjukkan blogger sudah bergerak dari sekedar bertukar informasi di dunia maya menjadi kumpulan dengan aksi nyata di lapangan atau masyarakat. Meminjam istilah dalam teori social capital, para blogger di Indonesia sudah bergerak dari sekedar social notification menjadi social actions.

Topik tahun ini juga menarik buat saya, yaitu merayakan keberagaman. Menurut saya, keberagaman itu adalah fitrah manusia yang diciptakan Tuhan. Jika Tuhan mau, saya yakin Dia bisa menciptakan keseragaman di dunia ini, tetapi mengapa Dia justru menciptakan keberagaman? Pasti ada suatu tujuan dan hikmah di balik semua ini. Menolak keberagaman dan menciptakan keseragaman menurut saya justru menentang fitrah manusia itu sendiri. Jadi, marilah kita rayakan keberagaman dengan penuh rasa saling menghormati, tidak usah banyak membahas perbedaan, tetapi perbanyak membahas membangun sinergi di atas keberagaman tersebut.

Dari tahun ke tahun, ternyata banyak blogger baru, tetapi para blogger kawakan masih tetap eksis sampai saat ini, sebut saja nama-nama yang selalu muncul pada setiap acara Pesta Blogger yang saya temui tadi di acara ini : Wicaksono alias Ndoro Kakung, Amril T. Gobel alias Daeng Battala, Enda Nasution, Ong Hock Chuan alias Unspun, Drianna alias Si Mbok Venus, Jonru, serta kawan-kawan blogger seperti Yari NK, Wibisono Sastrodiwiryo, serta Natali Ardianto. Sedangkan blogger yang baru saya temui adalah Mappesangka Mustafa, walaupun sudah lama saya kenal di Lembaga Manajemen PPM, serta Felicia Nugroho, puteri alm Sukyatno Nugroho sang pendiri Es Teller 77 (yang pernah saya ulas di sini), si blogger kawakan Masim “Vavai” Sugianto, serta gerombolan Blogor (Asepsaiba dan kawan-kawan) dengan pawangnya Eddy Priyatno alias Mataharitimoer.

Acara tahun ini juga terasa menyenangkan karena dekat dengan pusat perbelanjaan, di mana tersedia banyak restoran ataupun cafe yang membuat kita bisa dengan leluasa memilih makanan walaupun panitia juga menyediakan makan siang. Saya teringat dengan Pesta Blogger tahun 2009 yang lalu yang diselenggarakan di Gedung SMESCO di Gatot Subroto Jakarta, yang sangat jauh dari tempat orang jualan makanan dan minuman, bahkan warung pun tidak ada.

Well, saya setuju dengan judul tulisan Tempo Interaktif ini di mana era blog belum mati …

Selamat untuk kawan-kawan panitia Pesta Blogger 2010 .. you did a great job!

Salam
Riri Satria

21 responses

  1. mudah2an Daeng Mappesangka … see you di Pesta Blogger next year .. eh, kita juga bakalan sering ketemu nih di PPM … hahahaha …

  2. Sampai ketemu di Pesta Blogger 2011 Pak Riri…Mudah-mudahan lebih baik dan lebih meriah.

  3. Mas Riri, terimakasih sudah datang di Pesta Blogger 2010, senang rasanya bisa jumpa dengan sahabat
    sesama blogger montok dari Bogor..hehehe

    1. hahahaha .. gerombolan siberat … anyway, sukses ya panitianya Daeng, selamat untuk kawan2 panitia🙂

  4. Sayang sekali saya ndak bisa datang ri…karena pas ada jadwal kasih training.

    Padahal saya diundang juga sama panitia karena katanya blog saya masuk nominasi terbaik pada kategori entrepreneurship. E, ternyata malah dapat nomer 1. Lumayan juga hadiahnya : netbook plus uang 5 juta.

    1. waaahhh selamat Yodh … sayang sekali gak bisa hadir ya … tapi memang blog ente bagus kok Yodh, jadi wajarlah jadi pemenang … sekali lagi, selamat Yodh … keep on blogging …

  5. wah, pak Riri adalah blogger beken pertama yang saya temui di epicentrum walk di pagi hari. senang sekali kita bisa datang lebih pagi ketimbang blogger lainnya. bukan soal kedisiplinan, tapi kita bisa lebih banyak waktu untuk jalan-jalan dan bercengkrama. thanks my teacher!

    1. iya, datang lebih awal ternyata membuat kita punya waktu banyak untuk lihat2 atau foto2 … hahaha🙂

  6. “Segerombolan’ memang kata yang tepat untuk Blogor pak Riri.. hehe.. Karena paling heboh ya..
    Hehe..

    Oya, Tos pak! Avatar kita setipe..🙂

    1. hahahahaha .. iya tuh .. kemaren Blogor memang paling heboh kayaknya …🙂

  7. Terima kasih udah dataaang😀
    Semoga Pesta Blogger+ 2010 kemarin bermanfaat bagi kita semua, tidak hanya senang-senang, tapi ada sesuatu yang bisa dibawa dari sana😀 baik merupakan inspirasi maupun ilmu😀
    oh iya, kenalan.. saya chairwoman Pesta Blogger+ 2010 kali ini ^^

    1. Terima kasih sudah mampir ke sini Ibu Ketua Blogger🙂 … saya kira banyak sisi positifnya di samping juga ada unsur fun .. yup, salam kenal Mbak Rara … sayang saya sebagai rakyat jelata blogger belum kenalan dengan Chairwoman nih … hihihihihihi🙂 .. sekali lagi, terima kasih …

  8. seru banget pastinya ya om..wah kapan ya bisa ikutan neh

    1. iya, acaranya seru dan positif … well, mudah2an tahun depan🙂

  9. yes… setuju… era blog memang tidak akan mati🙂

  10. Mmm..sayang banget kemarinkita gak ketemu, saya juga dateng

    1. wah, sayang sekali Mas .. well, next time we will🙂

  11. Mas Riri, thanks for your support and observations at Pesta Blogger. Hope you enjoyed it. BTW its Felicia Nugroho not Sukyatno. Salam.

    1. Welcome Mr Unspun … ops, sorry for the mistake .. yes, it is Felicia Nugroho (kesalahan sudah dibetulkan pada tulisan diatas) .. Thank you and talk to you soon .. regards

  12. […] ← PESTA BLOGGER 2010 WISE WHILE ONLINE, THINK BEFORE POSTING […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s