BLOGGER PEDULI

Ada yang menarik pada Pesta Blogger 2010 yang berlangsung tadi siang (Sabtu, 30 Oktober 2010), di mana sudah banyak bermunculan berbagai kepedulian sosial kemasyarakatan serta lingkungan hidup dari para blogger. Berbagai kampanye ajakan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial maupun pelestarian lingkungan hidup banyak terlihat. Setidaknya saya sempat memperhatikan 3 (tiga) hal :

Pertama, ajakan untuk peduli dan donasi untuk korban bencana alam banjir di Wasior – Papua Barat, gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai – Sumatera Barat, serta letusan gunung Merapi di Yogyakarta. Ada beberapa gerai komunitas blogger yang siap untuk menjalankan aksi sosial dan menerima donasi dari siapapun. Komunitas blogger sudah menjelma menjadi komunitas sosial, atau dengan kata lain social capital terbentuk oleh kalangan para blogger.

Kedua, ajakan untuk mulai menghentikan penggunaan kantung plastik dalam kegiatan sehari-hari, terutama berbelanja, dan mengkampanyekan untuk mulai menggunakan kantung yang terbuat dari kertas yang bisa didaur ulang dan bisa dipergunakana berkali-kali. Penggunaan kantung plastik telah menyebabkan bertumpuknya sampah yang tidak bisa diuraikan oleh mikrorganisma sehingga menyebabkan pencemaran abadi pada tanah. Sebuah fakta yang diungkapkan yang menarik perhatian saya adalah, bahwa jumlah sampah plastik di kota Bandung setiap harinya diperkirakan 600 – 700 meter kubik atau setara dengan berat 100 ekor gajah!

Ketiga, ajakan untuk mendaur ulang kertas, untuk mencegak penebangan hutan untuk membuat kertas. Ternyata 40% dari sampah yang kita hasilkan berasal dari kertas. Diperkirakan setiap satu ton kertas yang kita daur ulang akan menyelamatkan sebanyak 17 pohon (tidak ditebang). Pesannya “it’s not trash until you say it“. Jadi, mari kita daur ulang kertas-kertas bekas pakai.

Menarik bukan?

Salam
Riri Satria

2 responses

  1. Wah keren ternyata plastik itu berbahaya ya? Wew pesta blogger pasti rame banget sampe ada kampanye segala haha. Salam kenal🙂

    1. iya .. ternyata begitu ..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s