DISERTASI PAK RUDJITO : KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KINERJA PERUSAHAAN

Tadi siang saya menghadiri ujian sidang terbuka doktoral Pak Rudjito di Kampus Institut Pertanian Bogor, Kampus Dramaga, Bogor. Pak Rudjito dan saya sama-sama mahasiswa program Doktor Manajemen dan Bisnis di IPB angkatan pertama. Rata-rata kami mahasiswa angkatan pertama sudah memasuki tahap akhir studi, dan sedang sibuk menyusun disertasi. Sampai saat ini, sudah 5 orang teman seangkatan kami yang dinyatakan lulus kuliah S3 di sini.

Pak Rudjito mengangkat topik yang sangat menarik yaitu korelasi antara penerapan gaya kepemimpinan transformasional dengan kesuksesan kinerja organisasi. Pak Rudjito melakukan penelitian dengan melibatkan 12 BUMN, di mana 6 BUMN mencapai kinerja yang baik menurut kriteria MBNQA (Malcolm Balridge National Quality Award), sedangkan 6 lainnya masih memiliki kinerja di bawah kriteria baik versi MBNQA. Kemudian Pak Rudjito mencoba melihat apakah ada korelasi gaya kepemimpinan transformasional dengan kesuksesan tersebut.

Ringkasnya, hasil penelitian Pak Rudjito menunjukkan ada korelasi antara gaya kepemimpinan transformasional dengan kesuksesan kinerja perusahaan, dalam kasus ini adalah BUMN di Indonesia, tentu saja dengan beberapa catatan penting sebagai hasil penelitian.

Pak Rudjito adalah mantan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan juga Ketua Dewan Direktur Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pak Rudjito juga pernah dinobatkan sebagai Best BUMN CEO pada tahun 2003.

Well, selamat untuk Pak Rudjito, semoga saya bisa segera menyusul dalam waktu dekat Pak ..

Salam
Riri Satria

4 responses

  1. kalo mau baca disertasi nya gimana pak???

    1. ada di perpustakaan program DMB IPB .. silakan berkunjung ke sana ..

  2. Slamat Pak, apakah saya bisa memperoleh disertasi Bapak ?

    1. itu bukan disertasi saya, melainkan milik Pak Rudjito … mungkin bisa kontak perpustakaan IPB … terima kasih ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s