LOKAKARYA AKADEMIK PENDIDIKAN MANAJEMEN – DMB IPB

Tadi siang saya mengikuti Lokakarya Akademik dengan topik Evaluasi Falsafah dan Struktur Kurikulum Pendidikan Manajemen untuk Menyongsong Era Ekonomi Global yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Bisnis dan Manajemen – Institut Pertanian Bogor (MB-IPB). Lokakarya ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberi masukan untuk perbaikan kurikulum pendidikan Pascasarjana Manajemen, dan tadi siang khusus untuk program Doktor (S3) Manajemen dan Bisnis di IPB.

Ada 2 (dua) isu hangat yang dibahas tadi siang, yaitu (1) tentang pengerjaan disertasi, terutama bagaimana supaya mahasiswa program Doktor bisa mengerjakan disertasi lebih cepat lagi, apa yang menjadi kendala, serta bagaimana solusinya, serta (2) struktur kurikulum pendidikan, karena program DMB-IPB punya kekhasan di mana pesertanya haruslah memiliki pengalaman manajerial yang memadai. Dengan demikian, program Doktor Manajemen dan Bisnis IPB ini haruslah berorientasi kepada keseimbangan antara pendidikan profesional dan akademik.

Pertanyaan yang agak sulit dijawab serta masih menjadi perdebatan adalah, apakah sesungguhnya nilai tambah (value added) yang diperoleh seseorang yang sudah memiliki pengalaman manajerial yang memadai untuk mengikuti sekolah Doktor (S3)? Apakah mereka akan menjadi peneliti manajemen? Tentu bukan itu tujuannya. Secara normatif tentu saja nilai tambah itu berupa kemampuan analisi dan berpikir tingkat doktoral untuk memecahkan berbagai persoalan bisnis yang semakin kompleks saat ini. Kalau begitu, bagaiamanakah struktur kurikulumnya? Bagaimanakah proses pembelajarannya? Bagaimanakah kualifikasi dosennya? Ini yang masih perlu dibahas secara mendalam jika ingin dilakukan evaluasi dan pembenahan.

Saya menilai diskusi pada lokakarya ini berlangsung cukup komprehensif dan intensif, dan banyak perspektif pemikiran yang layak dipertimbangkan untuk pihak pengelola DMB-IPB … Semoga DMB IPB semakin tambah maju dan berkontribusi signifikan dalam pengembangan SDM manajemen dan bisnis di Indonesia ..

Salam sukses selalu
Riri Satria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s