KELAS SELF-LEADERSHIP – DIKLAT KOMUNIKASI KEMLU-RI 2010

Tadi seharian saya memberikan ceramah mengenai Self-Leadership kepada para peserta Diklat Jurusan Komunikasi di Kementerian Luar Negeri RI. Para peserta diklat ini para pegawai yang baru direkrut khusus untuk bidang keahlian komunikasi. Mereka nanti akan menduduki jabatan sebagai spesialis komunikasi, termasuk mengelola sistem dan teknologi informasi di lingkungan Kementerian Luar Negeri dan Kantor Perwakilan RI di berbagai negara.

Para peserta berusia antara antara 23 – 28 tahun, dan umumnya memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi informasi tingkat D-3. Untuk itulah, materi mengenai Self-Leadership yaitu bagaimana memimpin diri sendiri menjadi sangat relevan, karena mereka berada di awal karir.

Self-Leadership ini adalah tingkat leadership atau kepemimpinan yang paling awal, kemudian baru diikuti oleh Group Leadership, Organization Leadership, sampai terakhir Community / Society Leadership. Tahapan ini akan dilalui oleh setiap orang, hanya saja kecepatan setiap orang melewati tahap-tahap ini bisa berbeda-beda. Itulah sebabnya ada orang yang dalam usia muda sudah mampu mencapai tingkat yang tinggi dalam leadership, tetapi di sisi lain masih ada yang lambat sekali perkembangannya.

Materi yang relevan dengan Self-Leadership ini cukup banyak, tetapi pada kesempatan ini saya membatasi topik pada kemampuan untuk mengenai karakter manusia dengan kerangka social style inventory (SCI), lalu teknik-teknik menganalisis persoalan dan membuat keputusan, manajemen waktu, serta manajemen stress untuk diri sendiri.

Selama workshop, diskusi berlangsung dengan seru, dan para peserta sangat antusias untuk menanyakan banyak hal, dan tidak terasa hari sudah beranjak sore, walaupun masih banyak yang ingin dibahas oleh para peserta.

Well, terima kasih atas perhatiannya semua, salam sukses selalu untuk karirnya semua …

Salam
Riri Satria

4 responses

  1. Terima kasih pak,
    Semoga ada kesempatan lagi belajar langsung dari bapak.

    1. terima kasih kembali Rina … salam sukses selalu ya🙂

  2. thanks Bos, sudah mengawal Diklat Komunikasi …mudah-mudahan bisa mengawal terus ….salam

    1. sama2 Mas Dadung … terima kasih kembali🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s