TALUA KATUANG (TELUR PENYU)

Salah satu makanan unik yang dijumpai di pantai padang adalah talua katuang atau telur penyu. Bentuknya seperti bola pingpong tetapi kulitnya lunak, tidak seperti telur ayam yang kulitnya keras. Sepanjang jalan mulai dari Muaro batang Arau sampai persimpangan jalan Nipah di pantai padang, kita menemui banyak pedagang talua katuang ini di kios-kios pinggir jalan.

Apakah penyu ini termasuk binatang yang dilindungi? Wah, jujur saja, saya juga tidak tahu. Setahu saya, talua katuang ini sudah dijual orang sejak saya kecil dulu, bahkan sejak saya masih di Taman Kanak-kanak. Pembelinya lumayan banyak, apalagi kalau sudah sore dan malam.

Selama belasan tahun tinggal di Padang, dan saya sering ke pantai, setahu saya tidak ada penyu di pantai-pantai kota Padang … Oooo, ternyata menurut si penjual, talua katuang ini diambil dari pulau-pulau kecil yang banyak bertebaran selepas pantai padang yang tidak berpenghuni. Pulau-pulau itu berjarak sekitar 3-4 km dari bibir pantai. Di sanalah banyak penyu bertelur dan para nelayan pun mencari telur-telur tersebut ke sana. Nelayan di Padang hampir tidak ada yang menangkap penyu, karena memang tidak dimakan oleh penduduk Padang. Mungkin karena sulitnya mencari talua katuang ini, maka harga mencapai Rp. 8.000 per butir.

Ada yang sudah mencoba?

Salam
Riri Satria

2 responses

  1. waktu masih kecil dulu saya sering dibeliin bapak saya telor penyu ini pas jalan-jalan sore. rasanya gimana ya… ya kayak telor setengah mateng gitu… asin2 enak😀

    saya pernah sih bertemu dengan seekor penyu yang lagi bertelur di pantai padang pada saat tengah malam, sebelum jalan samudra dilebarkan (tapi akhirnya malah terasa jadi lebih sempit karna kendaraan yang dibiarkan parkir di pinggir jalan)

    1. jadi ingat pengalaman masa kecil jadinya … well, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s