KOLOKIUM

Akhirnya tadi siang saya menjalani Kolokium Doktoral pada program Doktor Manajemen dan Bisnis – Institut Pertanian Bogor (DMB-IPB). Kolokium ini adalah salah satu fase yang harus dilewati oleh mahasiswa program Doktor (S3) untuk menyelesaikan studinya. Pada kolokium ini, si mahasiswa harus mempresentasikan penelitiannya di depan para mahasiswa pascasarjana lainnya untuk memperoleh berbagai tanggapan dan masukan. Acara kolokium ini dipimpin oleh ketua komisi pembimbing atau yang mewakilinya.

Acara kolikum doktoral saya dipimpin oleh Prof. Dr. Tb. Sjafri Mangkuprawira, ketua komisi pembimbing, dan diikuti oleh para mahasiswa program pascasarjana, baik magister maupun doktor, pada Program Manajemen dan Bisnis IPB. Topik yang saya presentasikan adalah penelitian saya tentang pembentukan modal sosial dengan menggunakan aplikasi jejaring sosial pada komunitas internet, termasuk membahas fenomena facebook dan twitter.

Saya mendapatkan banyak masukan dari para peserta, antara lain penajaman arah penelitian, maupun berbagai informasi yang relevan dengan topik penelitian ini. Suasana akademik yang menyenangkan terasa di dalam ruangan kolokium.

Nah, setelah ini, saya bersiap-siap untuk proses selanjutnya … seminar hasil penelitian … setelah itu sidang tertutup .. wish me luck ..

Salam
Riri Satria

8 responses

  1. Pak Riri, Penelitian sudah selesai atau belum?
    I need your journal Please, untuk referensi penelitian saya tentang “Pengaruh Pemakaian Facebook Terhadap Pembentukan Modal Sosial di Kalangan Mahasiswa.”

    1. waduh, masih belum selesai nih Mbak .. nanti kalau sudah kita bisa diskusi panjang lebar nih …๐Ÿ˜€

  2. Ohh, kalau saya sudah sampaaaiii… pusing, Pak! ;p
    3 semesters to go, pressure-nya makin tinggi krn harus publish journal paper dan akhir semester depan ada interim defense. Mohon doanya juga supaya lancar & dimudahkan ya, Pak..

    Btw, saya lagi iseng baca2 ttg Social Entrepreneurship dan dikasih referensi ke Diffusion of Innovation-nya Everett Rogers. Pernah baca gak Pak? Saya baru baca sekilas sih, tapi ternyata sangat closely related dg Change Management juga.. jadi belajar lagi deh๐Ÿ™‚

    1. hahaha … oh well .. semoga lancar selalu Anna .. social entreprenurship? .. wah, saya belum baca Everett Rogers .. good luck Anna๐Ÿ™‚

  3. semoga langkah Bapak selanjutnya sukses selalu, dan diberi kelancaran, kemudahan serta kebarokahan. Amiin….

    1. terima kasih Bu Teti .. amin ..

  4. Good luck, Pak!๐Ÿ™‚

    1. arigato gozaimasu Anna .. btw, sudah sampai di mana studi doktor-nya di negeri sakura sana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s