MEWUJUDKAN PUBLIC SERVICE ORGANIZATION DI PROPAM POLRI

Pada tanggal 3 Agustus 2010 yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk ikut serta memberikan ceramah pembekalan kepada para peserta Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Propam Polri 2010. Rakernis ini diikuti oleh para Kepala Bidang Propam dari semua Polda se-Indonesia serta para Kepala Sub-Bidang yang terdiri dari Provos, Pengamanan Internal (Paminal), serta Pembinaan Profesi (Binprof). Rakernis juga diikuti oleh para pimpinan Divisi Propam di Mabes Polri, serta para pengemban fungsi Propam dari berbagai kesatuan di Polri seperti Brimob, Lemdiklat, dan sebagainya.

Topik yang saya bahas dan sampaikan adalah bagaimana mewujudkan public service organization (PSO) di Propam Polri. Ini sejalan dengan tulisan yang pernah saya buat beberapa waktu yang lalu mengenai pelayanan publik di Polri. Pada kesempatan yang singkat itu (hanya sekitar 45 menit) pada Rakernis itu dan jadwal saya kebagian pukul 20:00 (malam), maka tentu tidak banyak yang bisa saya bahas. Pembahasan saya fokuskan ke definisi pelayanan, komponen pelayanan, servant leadership, paradigma keliru mengenai definisi pemerintahan, serta strategi mewujudkan public service organization. Silakan lihat beberapa slide saya berikut ini mengenai apa yang saya bahas dan sampaikan malam itu.

Semoga bermanfaat, dan salam sukses selalu.
Riri Satria

8 responses

  1. […] saya di Polri dapat dilihat di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, serta di […]

  2. […] yang melanggar hukum dan kode etik profesi. Materi yang saya sampaikan sama dengan apa yang pernah saya sampaikan di sini dan saya tulis di sini. Ceramah ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan pengembangan kompetensi […]

  3. Salam kenal pak Riri, saya salah satu peserta Rakernis Propam Polri tgl 3 Agustus lalu. Saya ingin menanyakan bagaimana metode mencari akar permasalahan? Mhn penjelasan ya pak… Terima kasih.

    1. banyak metode yg bisa dipergunakan, misalnya dengan fish-bone analysis dan stair stepping analysis … keduanya bisa ditelusuri melalui google … salam sukses selalu Mas ..

  4. Slide yang terakhir itu bagus sekali…..tentang 4 dimensi pelayanan….(service component).

    1. thank you Yodh .. itu yg terkumpulkan berdasarkan berbagai literatur yang ada serta pengalaman empiris …

  5. perubahan konsep dari organisasi birokratis ke pelayanan masyarakat yang sepertinya perlu kerja keras. maju terus pak riri

    1. iya Mas Harri .. suatu pekerjaan besar .. tetapi harus dilakukan dan dimulai dari sekarang .. mari kita bantu untuk mewujudkannya ..

Tinggalkan Balasan

