KELAS EKSEKUTIF VS FRESH GRADUATE

Kembali saya mengajar pada mata kuliah Corporate Information System pada Program Magister Manajemen – WM 63 di Sekolah Tinggi Manajemen PPM. Program WM atau Wijawiyata Manajemen ini adalah program Magister Manajemen untuk para sarjana yang baru lulus alias fresh graduate. Dengan demikian, mereka belum punya pengalaman kerja serta usia yang masih relatif muda jika dibandingkan dengan kelas Program Magister Manajemen Eksekutif.

Gaya mengajar pun berbeda. Pada program Magister Manajemen Eksekutif, gaya mengajarnya lebih banyak relektif atau menstrukturkan kembali pengalaman yang pernah dilakukan oleh para peserta. Proses pembelajaran bersifat dialogis, tetapi dengan gaya reflektif. Tetapi pada Program Wijawiyata Manajemen, gaya belajarnya lebih banyak penyampaian konsep atau teori dengan memperbanyak contoh dan pembahasan kasus. Penekanan memang kepada pemahaman konsep dan teori, walaupun proses masih sama dengan kelas Eksekutif, yaitu berbentuk dialogis. Demikian pula dengan cara menangani kelas, juga sangat berbeda jika dibandingkan dengan kelas Eksekutif.

Selamat belajar … semoga sukses ..

Salam
Riri Satria

7 responses

  1. Kelompok 3 Wm 63 | Balas

    Terimakasih banyak Pak..

  2. Kelompok 3 Wm 63 | Balas

    Salam pak Riri..

    Pak kami dari kelompok 3 wm 63 ingin menanyakan tentang tugas Grand Paper mata kuliah Corporate System Information. kita sudah punya data dari World development Indicator(WDI) 2007 dan memiliki judul “pengaruh perkembangan Teknologi masyarakat terhadap pendapatan telkom di Indonesia” metode Ordinary Least Square (OLS) tahun 1994-2003. apakah ini boleh pak? makasi ya pak..

    1. sebagai data tambahan silakan saja … tapi intinya adalah, membahas suatu kejadian nyata di sebuah perusahaan / organisasi … tentu saja aspek sistem informasinya .. dan bentuknya haruslah problem solving … begitu ya … good luck kawan2 ..

  3. Salam Pak Riri,
    Program WM memang diperuntukkan untuk lulusan S1 yang pengalaman kerja 0-3 tahun, tetapi mahasiswa/i WM tidak semuanya tidak berpengalaman kerja. Walaupun jumlah mahasiswa/i yang berpengalaman kerja tidak sampai 1/2 dari jumlah mahasiswa/i di kelas, tetapi diharapkan tidak ada generalisasi bahwa semua adalah Fresh Graduate. Demikian juga, tidak semua wanita tidak suka dengan permainan catur. Saya suka catur dan pernah kerja hampir 3 tahun.
    Nengsih🙂

    1. Iya sih .. benar .. generalisasi itu hanya diperlukan untuk melihat kencemderungan kondisi di kelas .. tetapi walaupun demikian, interaksi secara individu juga diberikan melalui tanya jawab kan? .. oh ya, suka catur? menarik .. selamat belajar … suskes ya !

  4. betul sekali pak Riri…bagi kami yg fresh graduate di PPM School of Management WM 63…metode dialogis dengan studi kasus sangatlah menarik…terimakasih pak atas transfer ilmu yg diberikan…

    1. Terima kasih kembali .. selamat belajar .. sukses ya !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s