ANAS URBANINGRUM : REGENERASI POLITIK ALA PARTAI DEMOKRAT

Saya tidak mengenal sosok Anas Urbaningrum secara pribadi, dan hanya sekali ketemu dengan beliau, yaitu saat sama-sama belanja buku di toko buku Gramedia di Matraman beberapa tahun yang lalu. Waktu itu Bung Anas masih berstatus anggota Komisi Pemilihan Umum. Tetapi berdasarkan berbagai tulisan dan pemberitaan yang saya baca, ada suatu kekaguman pada sosok yang satu ini. Bayangkan, dalam usia 41 tahun (hanya setahun lebih tua dari saya), tetapi prestasi beliau tidak main-main, yaitu menjadi ketua umum sebuah partai politik terbesar dan pemenang pemilu di Indonesia. Sebuah jabatan yang tidak main-main, yang penuh dengan intrik-intrik politik, dan butuh ketahanan mental sekeras baja.

Saya sendiri bukanlah pengamat politik, apalagi ahli politik, tetapi jujur saja, fenomena terpilihnya Bung Anas sangat menarik perhatian saya. Ternyata Partai Demokrat sudah melakukan regenerasi kepemimpinan politik. Orang boleh saja skeptis melihat hal ini, tetapi setidaknya menurut saya, sudah ada suatu pembaharuan di tubuh Partai Demokrat.

Sebelumnya saya mengira Andi Malarangeng (AM) yang akan melenggang dengan mudah ke pucuk pimpinan partai ini. Tetapi ternyata dugaan saya salah. Kedekatan AM dengan tokoh utama Partai Demokrat, sosok SBY, ternyata tidak membawa AM pada posisi yang dengan mudah menang, bahkan malahan kandas di putaran pertama. Ternyata gaya hingar-bingar AM tidak membawa dia ke puncak kursi partai ini. Sebaliknya, gaya Anas yang tenang, emosi stabil, dan santun, itu yang dikehendaki menjadi pucuk pimpinan partai, walaupun usianya masih muda. Di sisi lain, Partai Demokrat pun sudah mulai melepaskan diri sedikit demi sedikit dari bayang-bayang SBY.

Selamat Bung Anas. Mungkin pemikiran kita tidak selamanya sejalan, tetapi saya sangat hormat kepada Bung Anas, anda adalah representasi kaum muda di lingkaran elit teater politik di Indonesia, bahkan sebagai salah satu pemain utama. Jika Anda gagal, maka tentu saja ucapan skeptis dan sinis terhadap kaum muda akan semakin bermunculan. Saya pun menunggu sahabat saya, Indra Jaya Piliang untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar (kapan nih Ndra?).

Selamat bekerja Bung Anas, semoga mampu menciptakan situasi perpolitikan yang memihak kepada kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Salam
Riri Satria

(foto : link dari okezone.com)

3 responses

  1. Anas adalah mantan ketua PB HMI dan AM hanya pernah menjadi anggota komisariat. Jadi, tidak bagus efeknya jika AM yang menang untuk HMI. KAHMI tentu ikut andil dalam memenangkan Anas.

    Begitu sepertinya…:)

    1. Bisa jadi Mas .. terima kasih …

  2. […] This post was mentioned on Twitter by hudson hutapea, RIRI SATRIA. RIRI SATRIA said: selamat bertugas bung @anasurbaningrum http://bit.ly/bmBxzO […]

Tinggalkan Balasan

