PUSTEKKOM KEMDIKNAS : PENYELARASAN KEBIJAKAN

Beberapa hari yang lalu saya memberikan presentasi singkat (mungkin lebih tepatnya menjadi nara sumber diskusi) untuk Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan – Kementerian Pendidikan Nasional (Pustekkom Kemdiknas) berkaitan dengan bagaimana menyelaraskan kebijakan organisasi (policy alignment), bertempat di Bogor. Pada kesempatan itu, saya menjelaskan berbagai kemungkinan terjadinya mis-alignment antar kebijakan organisasi, terutama antara organisasi induk (dalam hal ini Kemdiknas) dengan organisasi unit kerjanya (dalam hal ini Pustekkom).

Keselarasan kebijakan akan terjadi apabila proses penyusunan kebijakan dan strategi (jakstra) di dalam sebuah organsiasi mengikuti pola cascading dan alignment yang lazim dilakukan dalam konsep balanced scorecard. Dengan menggunakan pendekatan cascading, kita bisa menyusun jakstra unit kerja dengan mengacu kepada jakstra organisasi induk. Kemudian dengan alignment kita bisa membuat suatu keselarasan secara horizontal dengan unit kerja lainnya. Metode cascading ini mengacu kepada prinsip pendelegasian tugas dari atasan ke bawahan, sehingga uraian tugas unit yang berada di bawah merupakan penjabaran dari sebagian uraian tugas unit yang di atasnya. Dengan demikian, sejatinya tidak akan mungkin terjadi mis-alignment.

Pada kesempatan itu, diskusi berlangsung sangat menarik, terutama yang berkaitan dengan key performance indicators dan cascading. Key perormance indicator merupakan ukuran dari suatu sasaran stratejik atau jakstra organisasi. Jika ini juga disusun dengan menggunakan cascading, maka terjadinya pendelegasian wewenang, tugas, dan pertanggungjawaban dengan baik di dalam organsiasi.

Salam
Riri Satria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s