SAAT PERTAMA KALI JADI KONSULTAN

Ini adalah sambungan posting yang ini, sekaligus posting nostalgia, kembali mengenang saat-saat pertama kali saya berprofesi sebagai konsultan, mulai belajar sebagai konsultan. Posting ini sekaligus menjawab sebuah e-mail yang dikirim ke saya beberapa waktu yang lalu, tentang bagaimana pertama kali menjadi konsultan …

Saat itu adalah tahun 1995 (saya berusia 25 tahun), di mana saya diterima bekerja di sebuah consulting firm yang masuk big-5 saat itu, yaitu KPMG (Klynvelt Peat Marwick Gorderler), di kantor Jakarta (foto di samping ini adalah tim konsultan Divisi TI KPMG saat itu). Sesuai dengan latar belakang pendidikan saya saat itu, yaitu computer science, saya ditempatkan di Divisi Teknologi Informasi (TI). Divisi ini memiliki 2 tugas utama, yaitu melayani kebutuhan TI internal KPMG serta melayani jasa konsultansi TI untuk para klien KPMG. Jasa konsultansi yang diberikan yaitu implementasi business application software (saat itu KPMG di Indonesia bekerja sama dengan Scala), serta integrasi aplikasi atau perangkat lunak pada skala yang lebih kecil.

Saya hanya mengalami masa orientasi selama 3 minggu di kantor pusat di Jakarta. Setelah itu, saya benar-benar diterjunkan dalam proyek pengembangan sistem informasi untuk klien. Proses itu benar-benar membuat saya kelimpungan. Semua berlangsung dengan cepat, belajar sambil bekerja.

Ada beberapa lessons learned yang saya peroleh di awal-awal karir sebagai konsultan, dan itu sangat membentuk karakter saya sebagai konsultan. Standar code of conduct KPMG pun ikut mewarnai pembentukan gaya konsultansi saya ….

  • Tugas konsultan adalah problem solving, jadi konsultan adalah part of solution, bukan menjadi part of the problem. Tugasnya meringankan beban klien, bukan menambah beban klien. Jadi, dalam berkomunikasi dengan klien, selalu berikan solusi, jangan menggunakan bahasa yang menambah beban klien.
  • Jangan menunda pemecahan persoalan. Persoalan hari itu sebisanya dipecahkan hari itu juga. Penundaan dilakukan kalau memang diperlukan suatu koordinasi, yang tidak bisa diselesaikan hari itu juga.
  • Menjaga hubungan baik dengan klien itu penting. Jika sikap saling percaya atau trust sudah terbentuk, maka pekerjaan akan sangat mudah dilakukan. Dahulukanlah kepentingan klien. Walaupun demikian, konsultan tidak boleh didikte oleh klien, selalu bersikap profesional dalam memberikan solusi.
  • Keterampilan teknis itu penting, tetapi keterampilan komunikasi antar manusia, itu lebih penting. Kemampuan itu mencakup bagaimana meyakinkan klien, bagaimana melakukan negosiasi, dan sebagainya.
  • Semua informasi mengenai klien adalah rahasia, bukan untuk konsumsi publik, melainkan hanya untuk konsumsi konsultan semata. Profesionalisme konsultan mengharuskan dia menjaga semua informasi mengenai kliennya. Jika dia ingin memberikan informasi kepada publik, maka harus seizin klien tersebut.
  • Walaupun ada teman sesama konsultan dalam team berbuat salah, jangan pernah berdebat, apalagi bertengkar, di depan klien. Semuanya harus diselesaikan dalam rapat internal tim konsultan. Ini masalah reputasi dan kredibilitas tim konsultan di mata klien.
  • Bersiaplah untuk setiap penugasan yang tidak terduga, bahkan kita tidak pernah tahu ke mana kita harus travelling keesokan harinya … Apalagi kalau klien kita tersebar di berbagai wilayah.
  • Konsultan adalah knowledge worker, jadi selalu harus membuat dirinya up to date dengan pengetahuan dan keterampilan baru di bidangnya. Kemampuan untuk belajar secara mandiri mutlak diperlukan.

Oke, kira-kira itu dulu posting nostalgia ini … berminat jadi konsultan?

Salam
Riri Satria

32 responses

  1. informasinya sangat membangun, makasih pak riri, dan saya ingin tanya kantor konsultan bisnis ternama saat ini selain kantor anda? terima kasih

    1. wah, kantor saya masih kecil lho .. banyak sekali kantor konsultan manajemen kelas raksasa .. misalnya PriceWaterhouse, KPMG, KcKinsey, de el el .. semua bisa dicari via Google ..

  2. Maulana Bayu Kusuma | Balas

    Hallo pak saya lulusan teknik industri ingin bekerja sebagai konsultan tetapi masih bingung perusahaan yang harus sesuai dengan bidang teknik industri mohon solusinya pak

    1. wah banyak sekali konsultan di lapangan teknik industri .. silakan search di Google .. konsultan manajemen pun bisa ..

  3. Halo Pak, Blognya inpiratif sekali… saya ada consultant SAP bidang Human Capital Management.. saya sering merasa kesulitan untuk menghadapi client saya bru mau jalan 2 tahun , tapi saya terkadang sudah terasa beban karena kadang tidak bsa menjawab pertanyaan client .. adakah tipsnya pak untuk menghadapi keadaan seperti ini ? terimakasih pak😀

    1. Halo juga .. terima kasih .. hehehe .. memang untuk jadi konsultan itu ada empat syarat seperti yang pernah saya pelajari : (1) penguasaan ilmu pengetahuan yang relevan, (2) wawasan yang luas, (3) kemampuan menalar yang baik, serta (4) nyali yang tinggi alias percaya diri .. kata kuncinya terletak di nomor 4, yaitu nyali .. tiga yang pertama ini mungkin bisa dimiliki oleh banyak orang, tetapi nyali itu yang agak susah .. ini memang harus rajin berlatih, terutama menjadi public speaker ..

  4. Wah. Makasi tipsnya mas. Semoga ada jalan jadi konsultan media🙂

    1. amiinnnn .. semoga bermanfaat😀

  5. kebetulan nama saya artinya konsultan umum, agx lucu sic.. Tpi sesuai dgn karakter saya. Apakh sy bisa jd seorang konsultan gx yaa. Sya mw nya konsultan psikologi

  6. wahhh mas makasih bgt infonya yg intinya konsultan adalah bagai mana bisa meyakinkan klian dan selalu ramah terhadap klian.

  7. Saya seorang S1 Pertanian, apa saya bisa jadi seorang konsultan pertanian? cita – cita saya ingin jadi konsultan pertanian. sebaiknya saya mendaftar dimana/melamar dimana? mohon bimbingan senior.

  8. sekarang saya lgi mnuntut ilmu arsitektur nih, untuk jadi konsultan itu harus punya pengalaman kerja yg bgus ngak? harus lulusan S2 Atau bagaimana nih gan ?

  9. saya sekarang kuliah di elektromedik, saya ingin sekali menjadi konsultan di bidang kesehatan.
    Bagaimana cara menjadi konsultan pak? S2 nanti saya harus ambil disiplin ilmu apa?

    1. tergantung mau jadi konsultan apa dulu .. tentu harus sesuai dengan disiplin ilmunya ..

  10. pengen dech jadi konsultan profesional
    boleh belajar ea mass,,,

  11. Terimakasih atas sharing infonya😀 Sekarang saya kerja di kantor konsultan. Minta doanya agar saya bisa jadi konsultan yang professional.

  12. emg.ea kalo jd konsultan itu enak y ?…..
    dan kalo soal gaji awal masuk.ea brp?….

  13. Senang sekalia saya berada di sini ,banyak saya ambil nilai pelajaran untuk memantapakan propesi sebagai konsltan

    1. terima kasih juga … semoga bermanfaat🙂

  14. MOHON IJIN KOPI YA PAK , TUK TAMBAH PEGUATAN NGELMU
    SALAM KENAL DARI SAYA PAK…
    TQ

    1. silakan Mas .. semoga bermanfaat🙂

  15. […] Saya memang tidak pernah menjadi karyawan di Sempati Air. Tetapi rupanya perjalanan hidup membawa saya bersentuhan dengan perusahaan penerbangan ini. Saat ini saya adalah staf konsultan pada kantor konsultan KPMG (Klynvelt Peat Marwick Goerdeler) di Indonesia dan saya tergabung ke dalam tim konsultan yang ditugaskan menangani Sempati Air. Walaupun demikian, ternyata pada masa yang singkat itu, saya mendapatkan banyak hal berkaitan dengan wawasan manajemen, melihat berbagai wilayah di Indonesia, pertemanan dan gaya hidup, dan tentu saja pemahaman mengenai bisnis penerbangan. (Inilah foto tim konsultan khusus implementasi SCALA saat itu). […]

  16. Bung Riri , I am not sure whether you remember me. I am Afdhol. I ever met you when we were teaching at the same college around Senen (LP3I). It’s around 1996-1997. At that time you never said that you had been a consultant, but I heard that you were still MM prog at PPM. Now You are very professional consultant, I guess. BTW, which one is dominant of your days recently ? Teaching or being a consultant ? I think I need to learn from you how to start becoming a successful consultant like you if you dont mind. Anyway I am always proud of any single friend’s success. Keep learning and improving. and don’t forget to keep in touch with me (still a friend or ex friend ?) See you again . Afdhol

  17. […] sosok seorang konsultan itu? Saya pernah menulis catatan mengenai profesi konsultan dan juga pengalaman pertama kali menjadi konsultan di blog ini. Nah, berikut ini adalah beberapa catatan saya mengenai proses konsultasi selama […]

  18. tulisan mas riri membantu banget, inspiratif. saya juga ada cita2 jd professional konsultan..tp bidang agriculture..semoga selanjutnya ada sharing lain dari mas riri.
    salam kenal

    1. semoga bermanfaat dan juga semoga tercapai cita-citanya Mas … salam sukses ya ..

  19. Nah ini dia yang dicari..:mrgreen:
    Jadi saya bisa belajar dan berusaha mempersiapkan diri secara lebih baik lagi.😉

    1. oooo begitu .. mudah2an bermanfaat deh🙂

  20. […] Pengalaman saya saat pertama kali jad konsultan dapat dibaca di sini. […]

Tinggalkan Balasan

