SURAMADU DAN KEGIATAN EKONOMI

Sekarang ini, rasanya belum afdol kalau ke Surabaya tetapi tidak menjajal jembatan Suramadu dan menyeberang ke pulau Madura. Setidaknya sekali saja mencoba, cukuplah. Saya juga begitu. Mumpung masih di Surabaya, ya harus jajal jembatan ini dan menyeberang ke pulau Madura sebelum kembali ke Jakarta. Ini kali kedua saya menyeberangi jembatan yang menghubungkan dua pulau. Jembatan pertama yang seperti itu saya coba adalah jembatan Barelang yang menghubungkan pulau Batam dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya di Kepulauan Riau.

Saya bukan ahli jembatan seperti adik saya, jadi saya tidak akan membahas aspek teknis seputar jembatan di sini. Nah, buat saya ada hal lain yang menarik … Begitu sampai di tanah Madura, saya melihat banyak sekali kios-kios kecil bermunculan di lokasi menjelang pintu masuk jembatan di pulau Madura. Banyak orang menjual cendera mata, baju kaos, makanan dan minuman, dan sebagainya. Saya diberi tahu bahwa daerah ini tadinya adalah lahan kosong yang tandus, tetapi sekarang menjadi tempat transaksi ekonomi yang baru.

Dalam teori ekonomi kita mengenal konsep multiplier effect dari pengembangan infrastruktur dan suprastruktur. Begitu juga dengan kehadiran jembatan Suramadu, pasti akan membawa multiplier effect juga, terutama untuk masyarakat di sisi pulau Madura. Kehadiran jembatan ini akan mempercepat terjadinya suatu keseimbangan, sehingga saya memperkirakan tidak lama lagi pasti akan terbentuk sebuah sentra ekonomi di pulau Madura tetapi di lokasi yang berdekatan dengan jembatan Suramadu. Apalagi jika pemda setempat memiliki visi yang tajam tentang hal ini. Pemda setempat bisa membuat semacam upaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, misalnya dengan membuat lokasi wisata atau rekreasi keluarga di sana, dan konsumen yang menjadi target adalah penduduk kota Surabaya dan sekitarnya. Ini tentu akan memberikan manfaat ekonomi yang sangat signifikan untuk pulau Madura, terutama di dekat jembatan Suramadu.

Mudah-mudahan perkembangan ekonomi di sana semakin meningkat …

Salam
Riri Satria

One response

  1. […] selengkapnya di blog saya di sini. This entry was posted in jembatan and tagged madura, surabaya, suramadu. Bookmark the […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s