ASIMILASI PADA MESJID MUHAMMAD CHENG HOO

Dalam perjalanan dari Prigen menuju Surabaya, tepatnya di jalan Sudirman di daerah Pandaan, perhatian saya sejenak terpaku kepada sebuah bangunan yang menarik. Sepintas bangunan ini bentuknya seperti sebuah klenteng, dengan arsitektur bergaya Tionghoa yang sangat kental. Tetapi jika amati lebih teliti, kita akan menemukan tulisan Allah dalam aksara Arab pada gerbang depan bangunan ini, dan sekaligus menandakan bahwa ini adalah sebuah mesjid. Ya, sebuah mesjid dengan arsitektur Tionghoa.

Mesjid ini bernama Mesjid Muhammad Cheng Hoo. Dari namanya kita rasanya sudah bisa menebak sejarah munculnya mesjid dengan arsitektur yang menarik ini. Ini pasti ada kaitannya dengan sejarah masa lalu di mana Laksamana Cheng Hoo dari Tiongkok melakukan perjalanan muhibah ke berbagai negara, termasuk ke pulau Jawa. Konon menurut sejarah laksamana asal Tiongkok ini beragama Islam. Mungkin inilah penjelasan mengapa ada mesjid dengan arsitektur Tionghoa ini.

Dalam peradaban manusia, asimilasi adalah sesuatu yang sudah menjadi fakta sejarah. Asimilasi ini terjadi dan merupakan wujud dari hubungan antar manusia, antar suku, dan bahkan antar bangsa. Mesjid secara tradisional di Indonesia memang memiliki arsitektur gaya Arab, karena asal-usul agama Islam memang dari sana. Tetapi arsitektur sebagai suatu aspek budaya bisa saja beragam bentuk, bahkan berasimilasi, tanpa perlu menganggu inti dari ajaran agama itu sendiri …

Bukankah keragaman itu juga ciptaan Tuhan yang menghiasi dunia ?

Salam
Riri Satria

2 responses

  1. ri,ijin share ya….

    1. silakan Mbak Ria … semoga bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s