MODELS OF TEACHING

Tidak sengaja, dua hari yang lalu jalan-jalan ke toko buku, saya menemukan sebuah buku menarik, yang berjudul “Models of Teaching“, disusun oleh Bruce R. Joyce, Marsha Weil, dan Emily Calhoen. Buku ini sangat menarik perhatian saya, karena menguraikan filosofi, teori, metodologi, serta teknik mengajar. Walaupun buku ini ditujukan kepada para pengajar di tingkat sekolah dasar dan menengah, tetapi setelah saya baca isinya, rasanya para dosen di perguruan tinggi pun sebaiknya membaca buku ini.

Topik yang menarik, terutama di chapter 4 dan chapter 19, yang membahas mengenai gaya mengajar atau teaching styles. Secara tidak sadar, ternyata saya memiliki suatu gaya mengajar tersendiri. Setelah saya baca, ternyata gaya mengajar itu juga sangat beragam. Ulasan pada chapter 4 dan chapter 9 ini sangat membuka mata saya bagaimana model dan teknik belajar yang pas untuk diterapkan untuk berbagai situasi yang berbeda.

Chapter 8, 12, serta 16 juga menarik, karena membahas bahwa mengajar itu adalah menumbuhkan sikap saling percaya dan membangun suatu pemahaman tahap demi tahap. Proses pembelajaran memang tidak akan berhasil jika tidak terdapat suatu sikap saling percaya antara peserta belajar dengan si pengajar. Peran utama terletak di tangan si pengajar, bagaimana sia mampu mendapatkan kepercayaan dari peserta belajar bahwa dia layak dipercayai untuk mengajar dan menjadi fasilitator untuk membangun suatu pemahaman tahap demi tahap tadi.

Ringkasan dari buku ini dapat dilihat di sini.Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk teman-teman dosen, serta pihak-pihak lain yang tertarik kepada dunia belajar-mengajar …

Salam
Riri Satria

8 responses

  1. kenapa aku yari di gramedia tidak ada ya buku itu,,,,,,,,,,,,,,

    1. mungkin habis kali ya .. aku dulu beli di gramedia sih mbak ..

  2. maaf mas, beli bukunya di gramedia mana? di gramedia kota saya tidak tersedia buku tersebut

  3. Beli bukunya diman ya kalo boleh tau?? online bisa gak belinya?? thx alot,,

    1. bisa dibeli kok di berbagai toko buku seperti Gramedia .. terima kasih

  4. email ny heryani_agustin@yahoo.co.id
    tlg bget y mas…

  5. aslm,maf ni mw tanya.
    bukuny dlm b.ingg atw b.indo y??
    dibkuny ad model pembelajaran”advance organizer” gk??
    lg butuh bget ni bhan bwt tugas..
    kalo ad tlg bget krim ke email sya..
    butuh bget,tlg y..mksh sblm ny🙂

    1. kayaknya tidak ada tuh Mbak … tapi bahan tsb bukannya bisa dicari lewat Google?

Tinggalkan Balasan

