UMPAN BALIK DALAM MANAJEMEN MUTU ALA CAK GUNDUL

Dalam menjalankan bisnis dalam era globalisasi dan penuh persaingan ini, maka manajemen mutu adalah sesuatu yang mutlak untuk diperhatikan. Ini mencakup mutu produk, mutu layanan, mutu proses, dan lain-lain. Manajemen mutu terpadu mensyaratkan adanya semacam sistem umpan balik atau feedback system dari pelanggan. Sistem umpan balik ini akan memberikan masukan untuk perusahaan untuk secara terus-menerus melakukan perbaikan (continuous improvements).

Ini tidak hanya berlaku untuk perusahaan besar atau multinasional semata. Bahkan Cak Gundul sang juragan restoran kepiting terkenal di Surabaya pun menyadari betapa pentingnya sistem umpan balik ini. Lebih hebat lagi, Cak Gundul merasa pendapat konsumen harus terdengar sampai ke puncak pimpinan tertinggi walaupun restorannya tersebar di Surabaya dan Pandaan. Untuk itu, Cak Gundul memasang semacam pengumuman di setiap restorannya. Jika ada keluhan yang signifikan, maka praktis Cak Gundul akan mengetahuinya.

Mungkin ini adalah suatu etos kerja manajemen mutu yang perlu diteladani, Saya sendiri akhirnya tidak heran, mengapa akhirnya Cak Gundul bisa sukses dalam bisnis restorannya. Bisa jadi Cak Gundul tidak pernah belajar konsep total quality management atau konsep manajemen lainnya secara formal, tetapi naluri bisnisnya sudah mengatakan bahwa hal seperti itu harus dilakukan ….

Jadi berbisnis itu sebenarnya lebih banyak masalah perilaku atau behavior, ya kan ?

Salam
Riri Satria

About these ads

2 responses

  1. Patut dicontoh, tuh Cak Gundul… he..he… Seandainya birokrat bisa menerapkan sistem ini…. :)

    1. betul Mas … setuju … :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.368 pengikut lainnya.